02 Desember 2010

Hamsternya udah gede

Tanpa terasa usia hamster kami sudah 13 hari sejak kelahiran mereka pada 19 November lalu. Kini mereka tumbuh bertambah besar dan lucu-lucu. Mata kecil mereka telah terbuka sejak kemaren dan gerakan yang dilakukannya lincah. Bahkan sudah mencoba mainan roda putar meski masih terlihat kesulitan naik maupun memutarnya. Kedua anak hamster itu masih menyusu pada induknya yang terkadang hingga sambil berlaripun mulut mereka masih nempel dibagian badan bawahnya.

Kami sering memandangi secara bersamaan. betapa lucunya anak-anak hamster yang mungil. Kadang kalau induknya berada diatas badan mereka, sungguh kasihan. Tapi bisa saja itu cara mereka menjalani hidup atau itu saatnya mereka bercandaan. Kebetulan warna bulunya mirip pada kedua induknya. Satu putih dan satu coklat namun dengan ciri khas garis tegas ditengah punggungnya.

Sebenarnya anak hamster itu ada 3 tetapi yang satu ternyata tidak terselamatkan. Seandainya masih hidup, bisa saja warna bulunya kombinasi dari kedua induknya. Sejak lahir, kandang itu tak bisa kami bersihkan soalnya banyak artikel yang menyarankan untuk tidak banyak disentuh tangan. Otomatis kami hanya memberi makan, mengecek minum atau mengamati apakah mereka masih didalam kandang atau sudah raib.

Belum ada pikiran apakah nanti akan kami belikan kandang baru untuk memisahkan kedua anaknya ketika telah mulai besar atau tetap saja. Hanya resikonya bila beranak lagi, bisa saja anak2 yang baru lahir dimakan oleh anak2 yang telah besar. Namun bila dibelikan kandang baru, otomatis membutuhkan tempat lagi. Yah, rumah kami hanya seukuran 70m2 yang mungil dan tak luas. Menambah sebuah barang menimbulkan konsekuensi.

Mungkin besok akan dibicarakan bersama agar ada jalan keluar terbaik. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan tak boleh buru-buru. Menurut mama, kandang harus selalu dalam kondisi bersih karena pada dasarnya hamster itu dari jenis tikus dan mudah membawa virus. Bila kakak dan mbak tak rajin membersihkan, lebih baik dibebaskan saja hamster itu. Kasian kan kalau terus dikandang. Malah bisa tersiksi apalagi telat memberi makan. Pasca anak-anak hamster tumbuh besar, kedua induknya terlihat makan jauh lebih lahap.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates