03 September 2012

Belajar Tanggung Jawab Pada Sekeliling

Dik Adhan membantu Mas
Begitu tahun ajaran baru Tahun 2012 mulai, mas Afin dan mbak Alma kembali melakukan rutinitas dan kewajibannya masing-masing. Bertambahnya tahun maka bertambah pula kewajibannya, bertambah tugasnya yang dimaksudkan oleh papa mama supaya mas dan mbak makin faham tanggungjawab.

Melatih tanggungjawab itu tidak semudah membalik telapak tangan. Dulu saat papa mama kecil, bila disuruh tak akan membantah dan langsung dilaksanakan. Termasuk tanggungjawab sehari-hari seperti menyapu, beli sarapan atau menyiapkan lampu thintir sebagai penerangan malam. Maklum tahun 1982an saat mama kelas 3 listrik belum masuk ke sana.

Kini setelah jaman berubah, mama dan papa berharap tetap ada pembelajaran saat mas dan mbak masih kecil agar faham, bisa mengerjakan tugas rumah tangga dan menghargai orang yang mengerjakan tugas itu. Tugas yang diemban dipilah menjadi 2 yakni yang berkaitan dengan diri sendiri maupun tugas yang bersifat publik.

Dik Adhan membantu mbak
Tugas untuk diri sendiri misalnya nyiapin baju sendiri, meletakkan sepatu dan baju kotor pada tempatnya, sholat, mengaji setelah maghrib, belajar, mencuci sepatu serta beberapa tugas lain. Sedang tugas bersifat publik yakni mencuci piring untuk mbak Alma setelah makan malam dan menyapu dipagi hari baik mbak atau mas Afin.

Tugas mencuci daleman bila mbak Alma hanya dilakukan seminggu sekali namun bagi mas Afin sudah tiap sore harus mencuci. Demikian pula untuk tidur malam, untuk mbak Alma dan mas Afin sudah mulai tidur di kamarnya sendiri-sendiri. Meski awalnya minta ditemani, sekarang sudah mulai terbiasa. Setidaknya tugas diberikan supaya anak-anak mama papa tahu tanggungjawab.

Semoga ketika sudah besar nanti kalian faham tugas dan tanggungjawab baik untuk individu, keluarga maupun lingkungan. Peduli pada lingkungan terus diajarkan salah satunya membuang sampah pada tempatnya. Alhamdulillah mereka segan bila membuang sampah bukan ditempat sampah.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates