23 Januari 2011

Akankah Mbak Alma Ikut Pesta Siaga?

Di sekolah ada beragam ekstra kurikuler mulai dari kesenian, teknologi, beladiri, agama, hobi dan lainnya. Hanya yang kemudian menjadi semacam yang wajib (dan ini terjadi hampir di semua sekolah) adalah kegiatan pramuka. Kegiatan ini bagi beberapa anak memang menarik karena memadukan aspek kognitif dan aspek afektif, pikiran dan ketrampilan. Permainan merupakan salah satu ciri dari kegiatan pramuka selain bernyanyi dan kegiatan lainnya.

Peminatnya pun lebih banyak dan disekolahan yang diharuskan ikut mulai dari kelas III hingga kelas V. Kegiatan pramuka diselenggarakan tiap hari Jum'at pukul 15.30 sampai 17.00 yang dilaksanakan di sekolahan. Mas Afin dan mbak Alma nampaknya senang dengan kegiatan ini karena sangat rajin berangkat. Bahkan gerimis sering tak membuat mereka malas berangkat. Tak jarang pukul 15.00 sudah siap hanya tinggal menunggu adzan Ashar untuk Sholat kemudian menuju sekolah.


Di sekolah yang mereka tunggu yakni sebelum dimulai tentu bermain bersama teman-teman. Bila hari pelajaran tentu mereka tak sebebas pramuka. Semangat kebersamaan lebih cepat tumbuh saat kegiatan pramuka karena memang kegiatannya dibuat bereg
u dalam barung. Sedangkan bila sekolah pagi seringkali lebih pada kegiatan individual. Belum lagi dalam pramuka dicampur antara kelas III dan IV. Kalau kelas V ditempatkan di gedung sekolah yang berbeda. Sekitar 3 bulan lalu, mbak Alma ditunjuk sebagai wakil ketua regu barungnya.

Pada saat dijemput, keceriaan terlihat diwajahnya dan semangat menceritakan terpilihnya sebagai wakil ketua regu mengalir deras sepanjang perjalanan. Alhamdulillah, mas Afin demikian pula. Sebenarnya mbak Alma mau dipilih sebagai ketua regu tetapi dia belum berani sehingga memilih sebagai wakil saja.
Kadang saking semangatnya, saat tertidur mengigau dengan berteriak membariskan regunya.

"Luruskan, heee... luruskan" teriak mbak Alma memecah keheningan malam. Rupanya sore harinya memang disuruh memimpin karena kebetulan ketua regu tak datang. Mbak Alma memang memimpikan bisa ikut pesta siaga. Berkemah dan memulai petualangan baru. Sebenarnya ketertarikan itu menghinggapi waktu ada kegiatan jelang 17an dikampung.
Ada mencari jejak yang memecah teka teki serta berjalan menyusuri pematang sawah maupun beragamnya medan di Tawangmangu.

Papa mama menceritakan serunya ikut pesta siaga sehingga menambah minatnya untuk ikut kemah pramuka. Hari Jum'at kemarin, dia masuk dalam daftar 19 anak di sekolahannya untuk disiapkan berangkat ke pesta siaga entah kapan. Setidaknya mbak Alma berniat lolos diantara 12 anak yang akan dipilih sekolah.
Papa mama sudah mewanti-wanti dan memberi semangat supaya serius mengikuti kegiatan pramuka.

Tidak hanya selalu hadir tiap hari Jum'at namun juga keberanian, terampil dan jiwa kepemimpinan harus keluar. Tanpa itu, rasanya sulit lolos dalam daftar 12 anak mewakili sekolahannya. mbak Alma butuh terus dipacu terutama dalam keberanian tampil dimuka umum. Sebenarnya semangatnya ada, hanya rasa malunya masih menggelayut dalam hati dan ini bisa menjegal niatnya sendiri.


Mbak Alma, papa mama percaya kamu akan bisa. Yang penting, seriuslah berusaha mandiri dan berani agar terlihat menonjol dan bisa terpilih mewakili sekolahan dalam pesta siaga. Tidak ada yang mudah namun usaha serta kerja keras perlu ditunjukkan agar para pembina pramuka disekolahan mantap memilihmu. Kalau toh pun sudah usaha keras ternyata tidak dipilih, janganlah kecewa sebab masih banyak waktu serta kesempatan dimasa datang. Kami akan berusaha mendoakanmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates