30 Januari 2011

Dik Adhan pun Terlelap

Si kecil yang kini berusia 16 bulan ini sangat lucu bagi kami semua. Meski belum jelas bicaranya namun maksud-maksud dari gerak tubuhnya mulai kami mengerti. Misalnya minta mimik, minta tetah atau nunjuk cicak. Tentu yang paling jelas minta deket mamah. Sampai sekarang dalam sehari tidurnya masih tiga kali. Satu kali pada pagi hari menjelang mama berangkat atau sesudah berangkat. Tidur yang kedua setelah makan siang atau kadang menjelang makan sore dan tentu saja malam hari.

Karena umurnya masih kecil, belum banyak kebiasaan tidur yang bisa diamati. Yang paling cepet tidurnya ya kalau dikeloni mama. Tinggal nenen, udah deh tidur terlelap. Dan kebiasaan tidur jika dengan mama adalah memegang tangan mama (seperti memeluk tangan). Kalau digeser, tetep saja tangannya meraih atau mencari tangan mama. Kalau dikeloni mbak ida atau papa ya tidak ngapa-ngapain aja. Malahan kalau sama papa baru sekali dikeloni dengan diletakkan di kasur. Lainnya ya digendong.

Dik adhan ini paling jarang tertidur dengan botolnya atau bahkan belum pernah. Termasuk juga sembari memeluk guling. Hal ini dimungkinkan karena hingga usia 1 th selalu tidur dengan mama apalagi malam hari tanpa pernah tidur dengan lainnya. Kebetulan mama juga selalu ada waktu bersama dik adhan. Salah satu kebiasaan tidur malamnya yang baru yakni sekarang kalau terbangun malam tidak hanya minta nenen tetapi juga minta air putih.

Meski hanya beberapa teguk, sepertinya puas kemudian nenen lagi. Pas mama ke Medan, memang luar biasa repotnya. Papa terpaksa angkat tangan meski pengen nemani tiap malam. Dicoba sebentar saja justru malah ga mau tidur. Akhirnya ya ditemeni mbak Ida hingga pagi. Malam pertama kedua sih agak sulit tertidur sehingga cukup larut tidurnya. Alhamdulillah malam berikutnya terbiasa.

Tentu mama was-was kalau dik adhan akan gelisah. Akhirnya kami semua yang dirumah bisa melewati malam-malam tanpa mama meski dengan rasa yang tidak nyaman. Mama juga merasakan kesedihan luar biasa. Inilah barangkali yang harus dijalani dalam melewati hari. Semoga tidak terulang lagi dan semuanya baik-baik saja. Tumbuhlah besar dan tetap berbakti pada orang tuamu nak....

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates