08 Oktober 2011

Agar Dik Adhan Mau Makan

Berbagai cara dilakukan sebagai upaya dik Adhan mau makan soalnya memang agak susah juga maemnya. Cara yang dilakukan memakai alat lain atau dengan tindakan-tindakan yang membuat adik ga merasa sedang makan. Jam makanpun dirubah agar rasa lapar bertambah. Dibanding mas Afin dan mbak Alma, dik Adhan memang paling susah.

Bagaimanapun mengkonsumsi makanan utama tetap perlu sebagai energi serta tumbuh kembangnya dik Adhan. Saat ada mbak Ida biasanya makan pagi jam 06.00 hingga jam 07.00. Mama juga sering nyuapin pada jam itu. Kalau tidak dengan jalan-jalan ya sambil nonton VCD alif ba ta, lagu anak-anak atau film upin ipin.

Kebetulan papa waktu itu kerja di Jakarta sehingga pas pulang dibawakan kaset terbaru sekalian membelikan film yang diinginkan mas Afin dan mbak Alma. Siangnya makan juga sambil lihat VCD atau mainan. Bila pas libur sekolah, mas Afin dan mbak Alma terlibat mengajak mainan dik Adhan. Tidak tentu makan banyak sih tapi setidaknya beberapa suap mau.

Pun dengan berbagai rangsangan lain misalnya memberi minyak ikan. Hemmm sepertinya tidak terlalu berpengaruh tuh. Setelah mbak Ida menikah, awalnya pola makan lebih susah sehingga beberapa hari kalau pagi hanya mengkonsumsi roti tawar. Siang dan sore juga kombinasi nasi serta roti.

Krupuk juga menjadi makanan favorit dik Adhan sehingga sering disertakan. Belum tentu lahap juga malah krupuknya aja yang dimakan. Mama dan papa bersepakat agar makan sore digeser dari jam 15.00 (sebelum mandi) menjadi habis maghrib. Dengan catatan paling tidak 1,5 jam sebelumnya tidak diberi konsumsi apapun kecuali minum putih.

Lumayan berhasil dan makan agak lahap. Setelah makan, mama memberi buah atau roti tawar atau asupan lain. Susu diberikan diatas 1 jam setelah makan. Cara jitu mama ini rupanya memberi dampak baik. Kini makan siang jam 12.00 hingga jam 13.30 tergantung situasinya. Dan akhir-akhir ini mama nyuapin adik sembari melihat upin ipin lewat internet.

Jika makan sorenya setelah maghrib, biasanya kita berlima makan bersama. Krupuk juga tidak menjadi menu wajib. Siang hari sesekali saja papa suapin kalau mama kebetulan tak bisa pulang. Kalau papa sukanya nyuapin sambil mainan mobil-mobilan. Karena sudah keseringan sembari lihat VCD. Kelak semoga makanmu banyak ya nak sehingga badannya gede dan cepet jalan, Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates