30 Januari 2014

Afin, Alma dan Adhan Galakkan Bersepeda

Bersepeda itu banyak manfaatnya selain sekedar kegiatan refresing atau menyehatkan badan. Tidak mudah mendorong anak-anak jaman sekarang untuk hobi dan mau bersepeda. Padahal dengan makin majunya dunia, perkembangan otomotif serta beban lapisan ozon, kegiatan bersepeda itu seharusnya digalakkan. Sayangnya tidak banyak orang berpikir tentang hal ini.

Menyadarkan manusia untuk berpikir kedepan jelas bukan pekerjaan mudah. Mama papa mencoba merayu mas dan mbak dengan analogi sederhana saja. Kami, bukan orang dengan tubuh tinggi besar dan kata sebagian orang keturunannya pun terpengaruh. Maka harus ada usaha agar anak-anak tumbuh lebih besar dari orang tuanya.


Akhirnya mereka bersedia bersepeda secara rutin ke sekolah. Manfaat yang dipetik tidak hanya bagi mereka namun bagi orang lain maupun lingkungan. Tetangga lumayan banyak bertanya dan menyayangkan atas ketegaan kami. Namun kami jelaskan manfaat yang bakal mereka petik termasuk beretika dijalan. Bagaimana kita memahami atau beretika pada pengguna jalan lain bila kita tidak pernah bersepeda?

Ada kalanya kami bersepeda di Car Free Day hari minggu atau hari libur. Atau mas Afin dan mbak Alma berkeliling kampung tak lupa dik Adhan ingin mengikutinya. Pernah suatu ketika dik Adhan bilang "Ma, besok dik Adhan mau anter mbak Alma ke sekolah ya? Pake sepeda" seru si kecil. Mama menyahut sembari tersenyum "memang tahu sekolahnya mbak Alma?"

"Ya tahulah. Belok kanan belok kisi tyus lewat yil itu lho" ucapnya sok tahu. Kami semua yang mendengarkan tersenyum. Semoga kelak besar nanti kau ikuti bersepeda ke sekolah seperti kakakmu yah.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates