27 Oktober 2011

masak bareng di sekolah

Yippie! besok masak bareng di sekolah nih! pasti asyiiik! nggak sabar, deh!
dirumah, aku menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. rencananya, kami mau bikin sop markuni. hm... enak nggak, ya???

kelompok memasak sesuai regu piket. kelompokku diketuai Tegar. dan diwakili Deva. kelompokku ada tujuh orang. 4 laki-laki dan 3 perempuan. yang laki-laki ada Tegar, Sidiq, Reza, dan Rofiq. sedangkan perempuannya hanya aku, Deva, dan Wanda.

sebelum hari memasak datang (hari Kamis), kami menentukan bahan-bahannya dan siapa yang membawa. aku hanya membawa gula, garam, bawang merah, dan bawang putih. aku juga membawa piring dua, gelas dua, dan sendok dua. aku memakai satu, sedangkan satunya untuk penyajian. buahnya, aku membawa apel dan pir.

karna saat memasak bertema, "empat sehat lima sempurna", minumannya memakai susu. pokoknya, makanan yang dibuat harus mengandung empat sehat lima sempurna. jadi ada nasi, lauk, sayur, dan buah.

lauknya, sesuai rencana kami akan membuat tempe, sosis dan tahu. sayurnya ada wortel, loncang, dll. susunya, temanku Wanda, yang membawa. dia membawa 7 sachet susu frisian flag rasa coklat, dan 1 sachet susu frisian flag rasa vanilla.

Eng i-eng -i-eng.....!!!
hari yang ditunggu sudah tiba!
Yippie! setelah sholat, mandi dan makan, aku langsung diantar papa kesekolah. aku hari ini tidak naik sepeda, karna tasku lumayan berat. disekolah, aku mengobrol dengan Elisa, temanku yang sudah datang sambil menunggu anggota kelompokku tiba semua.

saat anggota kelompokku tiba semua, kami berkumpul, sementara Tegar mengabsen kelompokku satu persatu apakah sudah membawa barang ini (maksudnya, orang itu sudah membawa barang yang dipinta atau belum). Alhamdulillah semuanya sudah dibawa.

kami menggelar karpet di halaman sekolah. setelah itu, kami meletakkan barang-barang di karpet. sementara Sidiq dan Reza, sibuk membuat api dan mengipasinya agar tidak padam. aku mengambil buah-buahan dan mengumpulkannya, lalu aku dan Wanda mencuci buah-buahan yang sudah dikumpulkan dalam baskom.

setelah dicuci, Wanda menata buah-buahan tersebut ke piring khusus buah/tempat buah. aku segera memotong wortel yang sudah dikupas Deva. lalu aku merebus wortel ke dalam panci yang berisi air mendidih. lalu panci itu kututup dan kubiarkan matang.

kami sibuk bekerja keras. entah memotong sayuran, merebus sayur, atau mencuci piring. pokoknya, jika ada yang salah atau berbeda pendapat, kami saling memarahi. setelah menghidangkan sup ke atas mangkok, Rofiq dan Reza menggoreng tempe dan tahu. mereka menggoreng dibantu Deva. sementara Tegar dan Wanda membuat susu coklat dan putih.

"sambalnya mana?"tanyaku sambil memandang sekeliling. "eh, iya! lupa!"seru Tegar sambil menepuk keningnya. dia membaca kertas tentang cara membuat sambal. "bawang merah dua!"serunya sambil mengambil ulek-ulek. aku mengambil dua bawang merah dan melemparkannya ke Tegar. "cabai! tiga!"seru Tegar lagi sambil mengupas bawang merah. aku mengambil 3 cabai hijau dan melemparkannya ke Tegar. Tegar pun mencampur bawang merah dan cabai, lalu diulek.

"lanjutkan, Al!"perintah Tegar sambil beranjak dari duduknya. aku pun segera mengulek sambal dan ditambah kecap. setelah itu, kecapnya dituang di tempat sambal. sementara itu, yang lain membereskan barang-barang masing-masing, setelah itu piring penyajian ditaruh di kelas V A.

saat guru sudah menilai, kami diperbolehkan masuk dan menghabiskan makanan. Elisa mencicipi tempe kami. "bumbunya pas!"puji Elisa sambil mengoleskan sambal ke permukaan tmpenya. aku tersenyum. "masak? padahal tadi gosong terus, lho..."kataku tak percaya. akhirnya aku juga mencoba tempe bikinan kelompokku. hm... enak! Deliscioscos! pengalaman memasak bareng dengan temanku ini, adalah pengalaman yang berharga!

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates