09 Agustus 2012

Rute Harian Kita

Sebulan ini ada pergantian rute yang awalnya hanya Purbayan - Jongke ya maklum mas Afin sudah berpindah tempat menuntut ilmu. Jalur mama sudah Purbayan - Joho - Sambeng - Jongke - Purbayan. Sedangkan papa kadang sesuai kebutuhan. Kadang kala Purbayan - Jongke - Jegon - Sambeng - Purbayan atau Purbayan - Jongke - Sumber - Sambeng - Purbayan dan beberapa hari terakhir Purbayan - Jongke - Sambeng - Banyuanyar - Sambeng - Jongke - Purbayan.

Ini semua dilakukan demi melapangkan jalan berliku mas Afin dan mbak Alma merengkuh cita-cita. Kadang harus difikir secara jeli agar mas dan mbak bisa dijemput tepat waktu. Tidak hanya itu namun juga menyesuaikan dengan agenda papa mama. Pilihan tempat belajar itu menurut papa mama memang yang terbaik.

Yang menyediakan jalan lurus pada menggapai cita-cita, lebih tepat, lebih pas dan tentu sesuai kondisi. Meski sekarang untuk ke Sambeng agak jauh tapi tak apa. Pasti banyak pembelajaran yang akan dipetik. Dulu kala papa mama bersekolah di SD dengan jalan kaki bukan diantar. Yah memang jaman sudah berubah apalagi tinggal dipinggiran kota.

Saat SMP papa mama naik sepeda namun tidak begitu dengan mas dan mbak. Biarlah karena ini memang jalan yang dilewati dan ditempuh. Bila dianggap merepotkan tentu akan memberatkan. Lebih jauh, melintasi beberapa perempatan hingga persimpangan kereta. Agak was-was melepas mereka dengan sepedanya apalagi pulang sekolah ditengah terik matahari.

Pengen rasanya melihat mereka bersepeda sekalian melatih otot dan cadangan energinya. Tapi lalu lalang kendaraan sekarang membuat miris, was-was dan pikiran yang tak kunjung usai. Apalagi mas Afin dilarang membawa alat komunikasi. Pernah sekali mas harus naik angkutan umum dari sambeng. Sebelum menjalani, papa menunjukkan rute yang harus dilewati dan sukses.

Setidaknya ini menjadi bekal bila memang ada sesuatu hal yang tidak bisa dilakukan. Juga membuat dia faham bahwa tidak selalu fasilitas itu tersedia. Bertemu, bersandingan dan bersama para penjual makanan, buruh, pegawai atau pengamen di bus antar kota. Nikmatilah perjalanan hidup kalian dan ambillah sisi positif itu yang kelak akan bermakna.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates