05 Agustus 2014

14 Tahun, Semoga Makin Baik

Hari ini begitu istimewa bagi mas Afin karena bertepatan dengan hari lahirnya. Ya hari lahir ke 14, sebuah usia yang spesial, usia peralihan, usia disaat dimulainya mengingat banyak hal. Usia yang cukup rawan untuk merasa bahwa orang tua seperti selalu menyalahkan walau fakta tidak begitu. Usia dimana orang tua mulai merasa anak seakan-akan selalu menolak perintah.

Komunikasi yang coba dibangun diusia segini hingga diatas 20 tahun tidak mudah. Maka dari itu penting saling menyadari. Bagi mama papa, ini saatnya beralih peran dari Ing Ngarso Sung Tulodho menjadi Ing Madyo Mangun Karso.

Peralihan itu perlu diikuti dengan kesadaran bersama sehingga masing-masing pihak memahami. Kewajibannya bertambah besar namun previledge dan hak yang diterima semakin besar juga. Inilah fungsi keseimbangan yang coba kami bangun. Ini memang titik awal dan prosesnya masih ada beberapa tahun. Moment ultah ke 14 ini juga semacam tonggak bagi mas.

Tonggak dimana sekarang mas di kelas IX dan akan segera beralih ke SMU atau kelas X. Kami tidak makan-makan diluar karena mbak Alma puasa dan kebetulan ada kunjungan mas Chandra. Waktunyapun mepet. Jadi kami lebih banyak kirim doa dan dukungan agar ke depan mas Afin menjadi lebih baik. Tidak hanya nilai namun juga tutur kata, perilaku, sopan santun.

Beragama, patuh orang tua menjadi bagian yang turut penting selain prestasi sekolah. Nak, bertambahlah dewasa dan belajarlah dari tiap detik nafas serta lingkunganmu.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates