24 Oktober 2014

Benahi Nilai Beberapa Mata Pelajaran

Setelah seminggu penuh mas Afin dan mbak Alma berkutat dengan test tengah semester. Sehari bahkan kadang 3 mata pelajaran. Tentu tidak gampang karena yang diajarkan cukup banyak. Mereka berdua menerapkan strategi berbeda. Bila mas Afin belajar dari jam 5 sore dilanjut habis maghrib namun mbak Alma siang, sore, malam kadang jelang berangkat.

Menurut mas, sudah banyak yang difahami sehingga hanya perlu merefresh saja. Mbak Alma sempat kesulitan dalam soal matematika. Nanya papa, angkat tangan. Nanya mas Afin dijawab sudah lupa. Akhirnya tanya teman mas Afin.

Kebanyakan mereka belajar sendiri dan tipe belajarnya cukup berbeda. Mbak Alma lebih sering berada diruang tamu dengan menghapal sedangkan mas Afin tetap didepan kamarnya sembari bermain bareng adik. Ya kadang menghapal juga meski tidak sesering adiknya. Janji diberi reward bila hasilnya bagus, membuat mereka ekstra keras belajar.

Alhamdulillah hasil yang didapat secara nila memuaskan. Mas Afin rata-rata 86 sedangkan mbak Alma dapat 89. Titik yang harus ditingkatkan yakni Matematika dan Bahasa Inggris. Untuk Matematika sewaktu ditanyakan ke Wali Kelas, rupanya ada kendala dari sisi guru pelajarannya. Berarti yang perlu disesuaikan tentu mbak Alma dan mas Afin.

Secara total hasilnya memang bagus namun masih ada bolong-bolong dibeberapa mata pelajaran. Pun dengan kurikulum 2013, rupanya belum diterapkan di sekolah. Dari pelacakan papa ke teman mbak Alma, ada sikap yang perlu dirubah dan menjadi indikator penilain. Trims ya anak-anak, sudah merubah diri.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates