22 Juni 2016

Akhirussanah Yang Dingin

Yah, inilah proses kelulusan atau wisuda ketiga kalinya bagi mbak Alma. Masih sama seperti 2 prosesi wisuda sebelumnya, mbak masih berkesempatan maju ke depan menerima penghargaan. Sama persis ketika dia wisuda TK dan wisuda SD.


Sewaktu di TK Djamaatul Ichwan, meski waktu itu dia masih TK A dan ikut wisuda karena mau SD mbak Alma turut dipanggil dikarenakan sudah mampu membaca dengan lancer Al Quran dan huruf latin. Maklum minat bacanya tinggi jadi ngikutin kakaknya yang memang sudah terlebih dahulu diajari. Dan itu hal biasa bukan sebuah keistimewaan.

Ketika SD, mbak Alma sempat maju dua kali menerima penghargaan sebagai siswa berprestasi karena menang juara 2 lomba menulis dan salah satu siswa yang memperoleh nilai UN 100. Kebetulan nilai matematika mbak juga 100 sehingga menerima penghargaan 2 kali.

Disamping itu, mbak masuk dalam siswa yang menyelesaikan hafalan juz 30 ditambah surat-surat pendek. Kali ini mbak berhasil menembuh 10 besar untuk nilai UN tertinggi sehingga berhak menerima penghargaan. Hanya saja target lain yakni meraih nilai 100 untuk matematika tidak terpenuhi. Maklum tersiar kabar memang matematika tahun ini sulit.

Kami memang sedikit terbebani saat akhirussanah sebab dengan nilai tinggi itu mbak tidak bisa masuk sekolah yang diincarnya. Dan penyebabnya sepele, karena mbak bukan anak Solo. Ini menjadi pelajaran penting bukan hanya bagi kami tapi juga bagi mbak Alma, mas Afin dan dik Adhan. Artinya kadang kita menghadapi kondisi ketidakadilan yang diterapkan oleh pihak lain.

Sudah begitu, acara akhirussanah menjelang berbuka puasa menjadikan kesannya tergesa-gesa. Anak-anak juga pakai pakaian sekolah sehingga tidak luwes. Undangan orang tua berlaku cuma 1 orang dan beragam faktor tambahan lain.

Sessi foto atau ambil gambar bersama guru, teman atau kami yang jadi orang tuanya sama sekali ya tidak ada. Hmmmm…. Kesakralan wisuda sangat berkurang ditambah gerimis mengguyur sejak sebelum acara dimulai. Jadi tidak hanya cuaca di dalam hati yang dingin, cuaca luar juga dingin.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates