24 Juni 2016

Hasil Semester 2 Kelas I dik Adhan

Si kecil nan cuek ini akhirnya sampai juga di semester akhir. Papa sih merasakan dia makin cuek saja dengan sekolahnya. Yam au bagaimana lagi, sepertinya asyik juga ngeliat anak bebas. Ga dituntut banyak belajar ini dan itu. Belajar tiap hari juga sesampainya ajah dimana tidak harus lama.


Kami membayangkan bebannya tidak begitu ekstra besar. Menurut kami hasil hariannya sih lumayan meski tidak terlalu istimewa. Yang jelas kali ini kami tidak begitu merasa terforsir seperti sewaktu mendampingi kedua kakaknya. Demikian juga ketika adik belajar, kedua kakaknya juga turut mendampingi mengajari si kecil.

Sisi lain yang kami syukuri, kami berhasil menerapkan rasa bahwa mencontek dengan melihat atau bertanya pada temannya atau membuka buku saat tes itu hal yang tidak diperbolehkan. Dulu kami juga mengajari kedua kakaknya bahwa mencontek itu sama dengan mencuri. Kami tekankan jujur itu baik apapun hasilnya.

Bahkan kakak pertamanya sewaktu kelas VI SD sering mengeluh temannya yang ikut les gurunya hasil selalu baik. Kami tegaskan tidak apa-apa toh si kakak selama ini hasilnya juga baik. Pun yang mirip mbak Alma, setelah tes, siang hari ketika kami tanya bagaimana dengan hasil tes seringkali jawaab lupa atau “ya gitu”.

Artinya kami sulit mengukur apakah adik bisa mengerjakan, kesulitan atau bahkan tidak faham terhadap soal yang diberikan. Dalam mengajukan pertanyaan untuk mengingat juga dalam kondisi santai sebab bila sedang serius soal yang lain ya pertanyaan sering tidak digubris.

Di semester kedua ini adik lumayan hasilnya, berada di posisi 9. Beberapa pelajaran seperti PKN, Matematika, IPS, SBK dan PJOK nilainya masih 70 -79. Sementara Al Qur’an, Fiqih, Aqidah Akhlak mendapat nilai 90. Sisanya di angka 80an. Dari 23 anak se kelas dik Adhan ternyata ada 2 temannya yang tidak naik kelas.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates