21 November 2013

Terus Makin Tanggung Jawab Ya Nak

Tak terasa waktu cepat berlalu dan anak-anak tumbuh makin besar. Mama mendidik mas Afin dan mbak Alma secara penuh, tak pernah bosan dan selalu mengingatkan tentang kedisiplinan diri. Walaupun tidak mudah, mama tak pernah putus asa. "Kalau kalian mandiri, yang akan mendapatkan manfaat ya kalian sendiri bukan mama atau papa" tutur mama.

Meski sudah banyak yang diajarkan tetapi memang masih butuh waktu bagi mereka memahami benar bahwa disiplin itu baik. Tugas sehari-hari ya harus dikerjakan terutama yang ringan-ringan seperti menaruh baju ditempatnya, belajar, menjaga kebersihan, beribadah serta yang lainnya. Pendidikan seperti ini difahami mama papa sangat utama yang kelak membantu diri mereka sendiri.


Toh sekarang saja sudah mulai keliatan dampaknya. Dik Adhan sudah ikut-ikutan mengaji habis maghrib, dilanjutkan dengan belajar sebisanya. Atau memberesi mainan walaupun tetap dibantu. Nah Kamis kemarin mama berangkat kerja ke Jakarta. Seperti biasa, pagi mereka menggoreng sendiri untuk makan pagi serta bekal yang dibawa kesekolah. Malam sebelumnya semua cucian piring, gelas, sendok juga tersusun bersih diatas kompor pasca dicuci.

Mama papa bangga kalau kalian bisa membantu orang tua. Dirumah, semuanya adalah tanggungjawab bersama terutama menjaga kebersihan dan penataan berbagai barang. Sepertinya memang sepele soal meletakkan barang namun kadang kalau tidak dikembalikan rumah akan semrawut. Hal ini bisa memunculkan kesumpekan dan tidak nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates