05 Juni 2014

Mari Benahi Bersama Ya Nak

Berbohong merupakan perbuatan dosa dan tidak disenangi siapapun. Anak-anak suka mencontoh akan hal ini. Orang tua merupakan contoh yang dilihat pertama oleh anak dan selanjutnya lingkungan. Anak dibawah usia 7 tahun sebetulnya belum tahu konsep tindakan sehingga seringkali dia melakukannya karena mencontoh dan tidak faham tindakannya itu baik atau enggak, salah atau tidak.

Dalam keluarga kami, sudah ada 2 kakak yang cukup besar (SMP) dengan pergaulan yang beragam. Konsep berbohongpun mereka mengerti. Sayangnya seusia mereka belum tahu bahwa tindakan tidak benar itu kalau dicontoh anak kecil akan berbahaya dimasa depan.

Kemarin saat mbak Alma dan dik Adhan main petak umpet, mas Afin menunjukkan dimana mbak Alma sembunyi. Karuan mbak Alma bilang ke adiknya bahwa dirinya ditemukan dengan petunjuk mas Afin. Mas Afin membantah namun dik Adhan bilang iya. Papa marah tahu hal ini. Mbak Alma dan Mas Afin, keduanya kena tegur papa.

Papa menjelaskan untuk tidak memberi contoh tidak baik. Bukan hanya itu, sebab jika adik belajar hal tidak baik sejak kecil, akan sulit membenahi ketika kelak nanti. Sudah ada beberapa contoh yang dilakukan dik Adhan. Ditegur tidak boleh bohong ya otomatis dia menolak. Sebab anak seusia itu tidak faham berbohong itu apa.

Semoga hari-hari ke depan mas Afin dan mbak Alma memahami serta menjaga diri. Bahwa perbuatannya akan senantiasa dicontoh adik kecilnya. Mereka berdua yang dididik hati-hati saja masih terus dibimbing hingga kini. Pun soal tugas harian apalagi kalau sejak kecil tidak dikenalkan hal-hal baik, tugas serta konsekuensinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates