03 Juni 2014

Saatnya Bertanggungjawab Pada Sekeliling Rumah

Anak-anak mama papa mulai tumbuh besar, dan kini usia mereka bakal memasuki 13 dan 14 tahun. Usia yang menurut mama papa sudah mulai memiliki kewajiban dirumah. Usia yang tidak sekedar memiliki kewajiban pada diri sendiri seperti sholat, sekolah, belajar namun tanggung jawab pada hal-hal kecil dirumah.

Mama papa percaya, tanpa latihan semua tidak akan bisa melakukan tanggungjawab kecil seperti mengunci pintu rumah!

Maka dari itu, sejak pagi mas Afin dan mbak Alma memiliki tanggungjawab dirumah. Menyapu misalnya dan setelah itu mereka bersiap bersekolah. Sore hari setelah pulang ya bermain dengan adiknya. Mencuci daleman sendiri, menutup korden, menyalakan lampu jalan, menaruh jimpitan merupakan tugas atau tanggungjawab rutin harian mereka.

Yang mingguan atau sesekali dalam seminggu misalnya mengepel serta membersihkan lantai kamar mandi. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak mereka dikelas 7 dan 8. Mama papa mengamati saudara dan tetangga yang tidak dididik untuk punya tanggungjawab dirumah, akibatnya benar-benar merepotkan.

Saat berkunjung, sama sekali ga peduli soal mencuci piring atau menyapu. Mama papa tak mau begitu. Mama papa selain belajar dari saat mama papa waktu kecil, lingkungan dan juga tetangga. Jangan sampai anak-anak mama papa besar membuat malu dan tidak tahu tanggungjawabnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates