08 Februari 2011

Maniak Membaca

Membaca adalah jendela pengetahuan atau untuk melihat dunia. Nampaknya hal itu disadari betul oleh mas Afin sehingga minatnya membaca mengalami percepatan luar biasa saat kelas 2 dan 3. Beberapa tema anak-anak mengundang minatnya untuk membaca. Hampir disela-sela kegiatan belajar, maen atau menjelang tidurnya diselingi dengan membaca. Tidak selalu majalah, koran, komik bahkan kini bacaan berita di internet di santapnya. Memang tidak semua tema anak tertarik dibacanya.

Hanya cerita-cerita tertentu yang mampu membuat dia betah berlama-lama
duduk tanpa menghiraukan sekelilingnya. Karena hal ini pula, papa mama terpaksa melarang membaca komik doraemon dibaca diluar hari Sabtu-Minggu. Penyebabnya jika baca komik doraemon, panggilan atau permintaan hampir pasti dijamin diabaikan mas Afin. Tentu dengan abaian ini, papa mama merasa tidak didengarkan. Itulah penyebab keluarnya larangan baca doraemon selain sabtu-minggu.

Selain komik jepang tersebut, komik spongebob juga menjadi incarannya. Padahal acara tv sudah mengulang-ulang puluhan kali cerita yang sama namun tetap saja tak membuat mas Afin bosan. Bahkan kedua jenis komik itu dibuka kembali puluhan kali.
Sementara jika membaca koran atau internet, bacaan olahraga terutama bola menempati posisi teratas. Koran lama yang sedang digunakan papa untuk kliping atau sobekan hasil beli cabai atau sayuran juga diembatnya untuk ditelusuri kata-perkata.

Waktu membacapun menabrak saat apa saja (kecuali mandi, tidur, sholat atau kegiatan yang memerlukan konsentrasi mata). Tak jarang beberapa aktivitas dilakukan sembari membaca.
Sebut saja mendengarkan acara sport pagi, sembari makan kalau koran sudah datang yang sambil dibacanya. Menjelang berangkat sekolah dan menunggu papa mengantar atau pulang sekolah belum ganti baju juga dengan membaca. Yang paling sering pada saat pulang sekolah dan sambil makan siang. Makanya tak heran bila acara makan mas Afin membutuhkan waktu paling lama dibandingkan dengan yang lain.

Bila sedang musim F1 atau Motogp, 2 bacaan itu menjadi suplemen lain olahraga yang menarik perhatiannya. Otomatis atas rajinnya membaca, beberapa berita lain yang ada di koran ikut terbaca. Misalnya soal gempa, gunung m
erapi bahkan kasus Gayus Tambunan. Dia sempat kesal dengan pemberitaan Gayus yang memakan jatah pemberitaan besar di koran sehingga berita lainnya ikut berkurang. Semoga kelak, bacaan mas Afin tidak sekedar komik atau yang bersifat imajinatif semata. T

etapi ada bacaan yang eksperimental, menjadikan dia tertarik melakukan uji lapangan terutama bidang pengetahuan alam. Bacaan-bacaan itu suatu saat bisa menjadi inspirasi bagimu mengkreasikan keahlian yang ada padamu serta bidang yang akan kamu geluti. Kami berharap, inovasi dan kreatifitas muncul dari dasar bacaanmu atas doraemon ataupun spongebob, Amin...

1 komentar:

Asalasah mengatakan...

wwwaaa.. mantap tuu

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates