03 Januari 2012

Akhir Semester Yang Mendebarkan

Perjalanan belajar mas Afin dan mbak Alma selalu menegangkan tiap semesternya. Rasa plong baru muncul ketika raport diterima dan hasilnya juga memuaskan. Tentu hasil memuaskan adalah harapan setiap orang tua. Melihat tertatih-tatihnya kami semua pasca menikahnya mbak Ida, tentu hasil sedang-sedang saja sudah Alhamdulillah.

Mama adalah orang paling super duper sibuknya. Efeknya ya kemana-mana, kami sulit menyesuaikan dan membantu mama. Kami merasa pengorbanan mama sudah luar biasa sehingga fokus mas dan mbak untuk belajar agak berkurang. Semua harus berbagi peran, namun peran mama sulit untuk disejajarkan dengan siapapun.

Belajar tentu menjadi kewajiban, namun tatkala mama kelelahan yang mengontrol hanya papa. Papa tidak sejeli mama. Saat penerimaan hasil evaluasi belajarpun tiba. Mas Afin dan mbak Alma mendapat tempat terbaik. Tempat terbaik itu tidak hanya sekelas namun juga paralel dengan kelas lainnya.

Mbak Alma untuk pelajaran umum mendapat jumlah akhir 776 dan pelajaran agama 1079. Nilai fiqih tertinggi diantara pelajaran agama lain yakni 92. Materi umum tertinggi ada pada pelajaran PKN yaitu 91. Posisi dikelasnya menempati urutan 7 dan paralel 3 kelasnya ada di urutan 19. Dengan hasil ini, kelas les mbak Alma kembali ke A dari B.

Waktu ada pengumuman masuk kelas B untuk les, mbak sempat drop. Papa mama dan mas Afin juga turut kecewa karena mas Afin sendiri tak pernah keluar dari A. Berkat usahanya, mbak Alma mampu mengembalikan diri pada tempat yang sudah seharusnya.

Untuk mas Afin, nilai total agama mencapai 1058 dan nilai umum mendapat jumlah 746. Meski demikian, ranking mas lebih bagus. Rupanya anak-anak kelas V secara menyeluruh sudah bagus sehingga otomatis persaingannya lebih ketat. Jumlah nilai tertinggi mas Afin yakni 96 untuk kelompok pelajaran agama (SKI).

Jumlah nilai umum terpaut 30 point atau 746 yang menjadikan mas Afin 9 besar dikelasnya serta posisi 12 di paralel. Nilai pelajaran umum tertinggi mas Afin yaitu PKN dan bahasa Inggris. Akhirnya ada penyesuaian kondisi dirumah yang sebagian besar tergunakan untuk pekerjaan rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates