03 Juli 2013

All About Kereta Api

Awalnya hanya sering melihat kereta api via you tube saat makan pagi atau sore. Ada juga lagu pengantar sehingga makin membuat dik Adhan tertarik. Kadang juga lihat kereta kelinci dijalan meski sampai sekarang belum pernah naik karena tidak lewat depan rumah. Pun naik mini coaster juga baru kemaren saat berlibur ke Sriwedari.

Yang jelas tentang kereta api benar-benar menyita perhatian dik Adhan. Beberapa nama kereta dihapalnya terutama kereta lokal seperti Prameks, Sriwedari maupun Madiun Jaya. Sudah 3 trip dik Adhan merasakan kereta jarak dekat (ke Jogja). Kalau mas Afin dan mbak Alma beberapa kali naik kereta Pandanwangi jurusan Solo - Semarang dan dilanjut Kaligung jurusan Semarang - Pekalongan.

Sayang sekali jalur Solo - Semarang sudah tutup sehingga dik Adhan tidak pernah merasakan sensasi naik kereta jurusan sedang, agak lama serta tidak begitu ramai. Meski demikian, imajinasi kereta api cukup berkembang dalam alam pikirannya. Terbukti seringkali bila bermain sesuatu kebanyakan tentang kereta api. Apapun barang akan dijejernya dan diibaratkan kereta.

Lihat saja dalam rekaman gambar yang sempat diambil, kadang ikat pinggang, bungkus rokok dan korek, balpoint hingga tempat hp. Yang tidak sempat terekam itu misalnya buku, tali rafia dan beragam benda lain. Mainan kereta juga dinikmati betul sembari tiduran supaya imaji itu bisa hadir dan nyata dihadapannya. Dari 6 kali pengambilan gambar, 5 kali diantaranya dengan tiduran dan kepala mendekat pada "kereta".

Hampir tiap anak kecil memang suka dengan kereta. Bisa jadi karena terlihat aneh, menyenangkan, menarik dan dilihat pada waktu tertentu saja. Beda dengan mobil, sepeda, becak atau motor yang tiap saat bisa dilihat. Namun kesukaan mas Afin dan mbak Alma terhadap kereta api, tidak seperti dik Adhan sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates