22 September 2011

Permainan Anak-Anak

Anak-anak memang menyukai dunia bermain. Bermain apa saja dan tinggal bagaimana cara orang tua mengarahkan supaya permainan itu berkesan serta bermanfaat. Di jaman seperti sekarang, banyak permainan yang mengarah pada individualisme, sendiri, solitaire sehingga harus diatur dengan benar supaya tidak kebablasan.

Oleh sebab itu, papa mama terus menerus memikirkan permainan apa saja yang bisa dan dapat sering dimainkan. Tidak hanya itu namun bisa memberi efek sisi lainnya terutama pengembangan pribadi mas Afin, mbak Alma dan dik Adhan. Jadi segala permainan yang ada dirumah tidak sekedar ada.

Sejak mas Afin dan mbak Alma kecil sudah disediakan beberapa permainan atau alat bermain dan papa mama berusaha mengarahkan secara benar bagaimana digunakan. Misalnya seperti das-dasan (permainan tradisional), halma, congklak dan beragam lainnya. Tentu mainan seperti mobil-mobilan, masak-masakan atau bentuk sejenisnya.

Dua tahun belakangan mas Afin dan mbak Alma juga mengenal permainan melalui internet disamping setahun ini juga bisa main play station. Disela memainkan keduanya, kadang membaca buku juga yang ya ampuuuun sering tak ingat waktu. Jadi memang perlu berulang kali diingatkan terutama tugas belajar.

Permainan das-dasan, halma hingga monopoli menjadi bagian yang kadang dilewati bersama. Kenapa begitu? sebab permainan ini cukup baik bagi perkembangan otak kalian. Misalnya saja merencanakan langkah, belajar memutuskan sesuatu secara cepat, menerima kekalahan dan pembelajaran lainnya.

Ada satu permainan yang sebenarnya pengen papa ajarkan yaitu catur. Sayangnya itu tak mudah ditangkap. Memulai semua permainan itu saat kalian menginjak sekolah dasar. Papa masih ingat disela-sela waktu luang atau tatkala kita diperjalanan papa ajakin main tebak kata dari jari jemari yang dihitung.

Kini, setelah kalian jelang purna sekolah dasar ada permainan baru yang coba dikenalkan yakni scrabble. Tidak mudah memang namun setidaknya menantang bagi kalian untuk mengetahui hal baru. Manfaat lainnya ya belajar bahasa inggris supaya menambah kosa kata. Harapannya dari seluruh permainan itu adalah ada banyak latihan untuk menghadapi hidup. Jadi permainan itu memang disiapkan bukan tiba-tiba.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates